Cara Menghadapi Orang Iri

Sifat iri bisa muncul pada siapa saja, bisa orang jauh atau orang terdekat dengan kita bahkan bisa juga muncul pada diri kita terhadap rekan lain. Sifat iri pada dasarnya sifat dasar manusia yang ini lebih baik dari pada orang lain, namun sifat ini termanifestasi dengan sangat negatif yang mendorong seseorang untuk melakukan segala cara untuk bersaing. Jadi seharusnya persaingan yang bisa menjadi pembangkit semangat seseorang, sifat iri justru merusak dengan persaingan yang tidak sehat. Namun bagaimana cara kita menghadapi rekan yang merasa iri dengan kita?
Sebelum kita bahas

kita harus tahu tentang Ciri-ciri orang yang iri

  • Senang melihat orang lain susah, susah melihat orang lain senang. 
  • Ia tidak bisa melihat orang lain maju, bahagia atau berhasil.
  • Suka mencari-cari kelemahan dan kesalahan orang lain.
  • Sulit mencukupkan diri dengan apa yang ia miliki.
  • Suka membuka kejelekan atau masalah orang lain
Penyebab Orang Iri

Ingin Terlihat Lebih Baik dari Orang lain
Orang yang memiliki sifat iri biasanya mereka ingin terlihat lebih dari orang lain atau orang yang menjadi objek rasa iri tersebut. Biasanya orang yang menjadi objek rasa iri adalah orang yang sedikit diatas dia atau selevel. Karena tidak mungkin seorang karyawan biasa merasa iri pada direkturnya. Namun hal ini bisa terjadi bila si karyawan tersebut memiliki posisi lebih tinggi dari si direktur. Misal karyawan tersebut adalah seorang pemimpin suku yang kerja di perusahaan yang dipimpin oleh masyarakat dari sukunya.

Seseorang Memancing Sifat Iri
Sifat iri bisa muncul bisa dari terpancing dari sikap orang lain, sifat orang lain yang selalu pamer atau perkataan yang merendahkanya, atau perilaku lain yang membuat orang tidak nyaman sehingga merasa iri padanya.  

Cara menghadapi orang iri 
  • Berilah pujian kepada teman anda atas hal-hal yang sebelumnya pernah dilakukan ataupun dipunyai oleh teman anda dengan baik. Ini akan membuat teman anda menyadari bahwa anda sendiripun juga kekurangan hal-hal tertentu. Ini juga akan membantu mereka bersyukur untuk hal-hal yang mereka miliki dalam hidup.
  • Selalu tetap bersikap low profile dan jangan berlebihan dalam hal apapun. Hanya karena teman anda mungkin iri akan hal-hal tertentu yang anda miliki, hal itu tidak memberikan hak untuk kebanggaan atas diri sendiri dan membuat mereka merasa lebih buruk tentang hal-hal yang membuat mereka merasa kurang dalam hidup. Tetaplah tawadu dan bersyukur untuk hal-hal yang anda nikmati.
  • Bantulah teman anda merangkul realitas kehidupan. Kita tidak bisa memiliki semuanya tapi kita pasti bisa berusaha ke arah itu. Jika teman anda merasa iri terhadap penampilan anda yang nampak terawat dengan baik, ajaklah mereka untuk berpenampilan modis dan merawat diri. Jika mereka cemburu akan kekayaan anda, berilah motivasi pada mereka untuk bekerja lebih keras. Orang yang merasa iri cenderung mengeluh karena mereka tidak mendapatkan hal-hal tertentu dalam hidupnya. Mereka tidak menyadari bahwa prestasi tidak datang dengan begitu mudahnya. Motivasi dapat membawa perubahan besar dalam kepribadian mereka, membangun kembali harga diri mereka dan membantu mereka menjalani hidup sepenuhnya. Intinya adalah memberikan dorongan yang baik.
  • Jangan mencoba untuk menunjukkan senyum palsu ketika anda menyapa teman anda. Mereka akan membenci anda untuk hal-hal yang sudah anda miliki dan membenci anda karena telah serakah dan tidak tahu berterima kasih. Senyum adalah bagian dari iman, jika senyum anda palsu atau bahkan sinis, ini berarti iman anda kosong. Iman yang kosong cocok untuk jadi tempat sampah. Satu langkah menuju neraka. Tapi tidak apa-apa jika anda ingin masuk neraka, karena di neraka anda pasti akan mempunyai banyak teman. Pada dasarnya, penghuni neraka jumlahnya lebih banyak daripada penghuni surga. Lebih banyak teman tentu juga akan merasa lebih nyaman.
  • Jangan menyombongkan diri dengan prestasi yang telah anda lakukan. Adalah bagus karena telah mencapai prestasi tersebut. Akan tetapi, memamerkannya akan membuat teman anda iri hati, bahkan mereka bisa-bisa berharap anda jadi bangkrut secepat mungkin.
  • Anda dapat meminta teman-teman lain dari lingkaran rekan yang sama untuk membantu anda menangani situasi ini. Mungkin seseorang akan dapat membuat teman anda yang iri hati menyadari, bahwa mereka telah salah dan membantu memperbaiki perilakunya.
  • Jika teman anda tetap tidak bisa melepaskan diri dari rasa iri yang mengganjal, anda harus mencooba untuk melupakannya. Cobalah untuk mengabaikan mereka tetapi tunjukkanlah rasa perdamaian untuk menghindari mencari permusuhan dari mantan teman.

Terima kasih telah membaca artikel kami, tinggalkan komen pada kolom dibawah ini

Click to comment