Arti dibalik foto profil seseorang

Sosial media merupakan sebuah teknologi yang mejadi perantara sebuah aktifitas sosial, yang artinya dalam sebuah media sosial seseorang akan menampilkan dirinya dihadapan orang lain. Secara sadar atau tidak sadar apa yang kita tampilkan merupakan sebuah manifestasi dari kepribadian kita, baik berup gambar status, komen, pertemanan.

Mungkin selama ini kita tidak menyadari bahwa foto profil yang ditampilkan seseorang merupakan gambaran dari kepribadian seseorang. Meskipun tidak 100% benar namun kecenderungan ini memamng sangat kuat bahwa foto profil merupakan gambaran dari kepribadian seseorang. 

Tentunya kita akan jadi penasaran kepribadian seperti apa yang dimiliki seseorang dengan memasang foto profil tertentu. Berikut ini adalah Kepribadian seseorang dari foto profil.

Berapakah jumlah pengguna Facebook

Foto Bibir 'Bebek'
Pernah melihat foto seseorang dengan bibir dimajukan atau bebek? Orang-orang ini menampilkan sisi sensualitasnya yang berarti mereka merindukan adanya pasangan. Mereka adalah tipe orang yang sangat menyukai kontak fisik berupa pelukan, pegangan tangan, dan lain sebagainya. Andang akan beranggapan biasanya pose seperti ini dilakukan oleh wanita, jangan salah tidak sedikit pria melakukan hal seperti ini.

Foto Candid
Foto candid adalah foto orang yang diambil seolah-olah tanpa sepengetahuan objek. Jadi bisa dikatakan sebagai foto tanpa menatap kamera. Orang yang gemar memajang foto seperti ini merupakan tipe orang yang memiliki rasa percaya diri yang cukup, tegas, keras kepala, dan teguh pendirian.


Foto dengan Baju Pesta
Mereka adalah tipe orang yang sangat suka bergaul, melibatkan diri dengan banya orang, memiliki rasa percaya diri yang tinggi, terbuka, mudah bersosialisasi, suka diperhatikan, dan suka menarik perhatian orang lain.

Foto Sedang Beraktivitas
Orang yang gemar memasang foto sedang beraktivitas adalah orang yang cenderung, kaku, terlalu serius, dan kurang peka dalam perasaan. Orang-orang seperti ini ingin menunjukkan kesibukannya melalui foto yang diunggah.

Sering Ganti Foto Profil
Orang sering bergonta ganti foto profil tidak akan mampu menyembunyikan kepribadianya. Umumnya orang yang sering gonta ganti fotonya adalah orang yang cenderung terlalu cepat mengambil keputusan dan punya rasa percaya diri yang kurang. Mereka adalah orang yang mudah bosan, dan kurang teliti dengan pilihannya sendiri. Mereka sering tidak puas, selalu was-was, dan tidak percaya diri sehingga sering mengganti foto untuk mendapatkan komentar dan respon dari orang lain.

Bukan Foto Asli
Tidak sedikit orang kerap memasang fotonya di akun sosial media miliknya tidak memasang foto aslinya. Umumnya orang yang tidak memajang foto aslinya merupakan seseorang yang memiliki karakter pemalu dan cenderung tidak percaya diri. Sisi misterius adalah karakter yang sangat kental bagi orang ini cenderung tertutup dan sulit untuk bergaul adalah sifat utamanya.

Tidak Menatap Kamera
Tidak sedikit pula orang memasang fotonya saat ia tidak menatap ke arah kamera. Karakter orang umumnya orang seperti ini cukup percaya diri. Namun di sisi lain ia juga punya sifat yang keras kepala dan tegas.

Ekspresi Lucu
Ada banyak ekpresi yang ditampilkan seseorang saat berfoto, salah satunya adalah ekspresi lucu. Umumnya sifat orang seperti ini sangat supel dalam bergaul dan bisa menjadi orang yang menyenangkan. Tapi untuk mendekatinya bukan berarti hal mudah, karena biasanya orang berkarakter seperti ini tidak mudah diajak berkenalan. Bisa dikatakan santai dan tidak sering menganggap sesuatu sebagai hal yang serius. Kelebihannya, orang seperti ini jarang bersikap kaku, kecuali dengan orang yang belum dikenal. Kekurangannya, Dia bisa saja disukai banyak orang.

Sendiri Dan Sering Diganti
Orang seperti ini memiliki rasa percaya diri yang cukup tinggi. Dia mudah berbaur dan tidak begitu mudah rendah diri. Apalagi jika dia memang memiliki posisi yang cukup membanggakan. Kelebihannya orang seperti ini cukup nyaman diajak jalan. Kekurangannya dia suka tebar pesona.


Foto bareng
Orang seperti ini, hampir mirip dengan yang bukan foto asli. Cuma dia lebih suka berkumpul dengan teman-temannya. Suka bergaul dengan teman yang dikenal tapi sedikit tertutup dengan orang baru. Kelebihannya, dia bisa jadi teman yang setia. Kekurangannya, perlu tindakan tambahan jika benar-benar ingin jadi temannya.

Foto Syur
Ada sejumlah orang yang tak sungkan memamerkan foto seksi atau menunjukkan keintiman bersama pasangan di jejaring sosial. Tipe orang seperti ini biasanya suka mencari perhatian dan khawatir dengan hubungan asmaranya. Biasanya mereka memiliki sifat rendah diri yang kompleks. Maka untuk menutupinya, mereka mencoba tampil lebih ekspresif. Perilaku ini menunjukkan sifat kekanak-kanakan dan obsesi menjadi pusat perhatian. Tipe ini kurang bisa dipercaya dalam menjalin hubungan asmara.

Gambar Bernuansa Gothic
Menggambarkan orang dengan kepribadian
kompleks dan misterius. Cukup sulit memahami tipe ini dan itu yang memang dia inginkan. Mereka biasanya tidak suka berbagi terlalu banyak dengan orang lain dan lebih memilih menyelesaikan masalahnya sendiri. Meskipun kelihatannya baik-baik saja, tapi mereka selalu merasa sebaliknya. Orang-orang seperti ini biasanya sangat memerhatikan penampilan fisik.

Foto Potret
Mulai dari Pinggang sampai Seluruh Wajah Foto sejenis potret yang menampilkan wajah dan sebagian badan bagian atas menunjukkan bahwa anda adalah orang yang normal. Orang dewasa yang percaya diri dengan penampilan. Namun demikian, sebenarnya tampilan foto profil seperti ini menunjukkan anda orang yang sedikit membosankan.
• Bila foto profil anda bukan merupakan foto anda, melainkan buku yang pernah anda tulis lalu diterbitkan, barang promosi lainnya yang anda ikut mempromosikannya, ini berarti anda
termasuk orang yang NARSIS dengan karier anda.
• Jika foto profil anda tersebut berupa foto diri, anda akan sedikit terganggu, apalagi kalau foto profil anda tersebut menunjukkan anda
sedang memakai baju renang, bikini dan foto panas lainnya, bisa saja menunjukkan diri anda cukup HOT.

Foto Diri Diambil dari Jauh
Foto diri, namun diambil dari jarak yang jauh dari kamera sehingga kurang menampakkan wajah yang sebenarnya. Apalagi kalau foto tersebut diambil di pinggir sebuah sungai dan anda berdiri di sisi sungai dengan memegang payung sehingga tidak jelas apakah sungai yang ditonjolkan, apakah payung yang anda pegang atau anda sendiri. Foto profil semacam ini menunjukkan anda seorang yang tahu privasi dan tidak ingin orang lain melihat anda atau diri anda secara jelas. Anda mungkin termasuk orang yang sedikit pemalu dan pendiam sampai orang lain mengenali anda secara pribadi. Mungkin juga anda
takut diketahui bahwasanya anda gendut atau
mengalami operasi plasik yang gagal sehingga anda perlu menutupinya .

Foto Close Up Seluruh Wajah
Foto jenis ini menunjukkan wajah yang sangat dekat dengan kamera sehingga hampir semua bagian wajah terlihat jelas. Kadang ada pula yang memakai kacamata hitam, namun intinya bagian yang lain tidak terlihat, hanya bagian wajah. Foto profil berarti anda ingin orang berpikir bahwa anda tidak ingin diakui di Facebook, padahal kenyataannya adalah sebaliknya, anda sangat ingin diakui namun anda menyembunyikannya dengan topeng tertentu seperti

Kacamata hitam dan lainnya.
Foto profil semacam ini juga menujukkan ketidaksempurnaan anda, seperti ada jerawat, mata agak sipit sebelah, dan potongan rambut yang jelek. Hal ini juga menerangkan bahwa bila dalam satu pesta anda termasuk penyendiri atau suka sendiri bukan karena anda tidak mau dan malu, tetapi lebih kepada ketika anda memulai mendekati orang lain, orang lain tersebut merasa terganggu dengan kehadiran anda.

Foto Anda di Waktu Kecil
Yang memajang foto lamanya, baik ketika masih bayi atau remaja tapi masih hitam putih atau sudah lama sekali atau foto masa lalu. Jenis foto profil seperti ini menyiratkan bahwa anda menganggap masa lalu anda masih lebih baik dibandingkan masa sekarang. Buktinya anda lebih memilih foto masa lalu untuk ditampilkan dibandingkan foto saat sekarang. Anda masih mendengarkan musik yang sama, memakai wpakaian yang sama, dan mencintai hal yang masih sama saat anda masih di sekolah menengah atau kuliah. Mungkin sekali anda sebenarnya tidak pernah berubah, anda belum tumbuh banyak dan menganggap anda lebih baik saat masih anak dibandingkan saat sekarang ini.

Foto Keluarga
Ciri foto profil ini adalah foto salah satu anggota keluarga tanpa subjek yang sebenarnya, seperti foto bayi atau anak, namun tidak ada ayah atau ibunya. Foto semacam ini menunjukkan bahwa satu-satunya yang anda peroleh dalam kehidupan dewasa anda adalah memiliki anak. Anda pernah memiliki banyak teman namun kini seluruh kehidupan anda tercurah untuk anak anda, ikut dengan kehidupan anak seperti menonton Dora The Explorer. Namun jangan khawatir menjadi ayah atau ibu adalah sesuatu yang sangat menakjubkan.

Foto Pernikahan
Foto seperti ini menunjukkan bahwa anda ingin mengatakan kepada semua orang anda sudah dewasa, anda sudah dan menjalani kehidupan bersama keluarga. Intinya anda sudah menikah, tidak mau lagi main-main atau selingkuh dan tidak mau digoda karena sudah punya pasangan tetap. Bila Anda menghabiskan sangat banyak uang dalam pesta pernikaan, mungkin saja mertua anda membenci anda saat melihat foto profil tersebut.

Foto Ikon dari Budaya Pop
Budaya pop banyak melahirkan bintang dan orang terkenal atau ikon seperti selebriti, cover buku, pemusik dan lainnnya. Banyak sekali pengguna Facebook yang memakai ikon budaya pop ini sebagai foto profilnya, seperti yang sedang menjamur foto William dan Kate Middleton. Arti dari foto profil seperti ini adalah anda tidak memiliki kepribadian sendiri. Anda mendefinisikan diri anda dan orang lain berdasarkan pilihan hiburan tidak peduli apakah mereka aktris, pemusik, dan lainnya.
Mungkin anda membaca review sebuah film di situs tertentu dan tertarik dengan karakter tokohnya dan mengandaikan anda memiliki kepribadian yang sama dengan tokoh tersebut. Intinya anda tidak berkepribadian!

Foto Pesta
Foto pesta, bisa juga foto saat merayakan ulang tahun yang liar atau perayaan tertentu sering juga dijadikan foto profil di Facebook. Mungkn foto saat minum arak bersama teman anda, menghisap narkoba bersama-sama dan sebagainya. Foto profil seperti ini menggambarkan bahwa anda seorang yang masih muda, bodoh, dan naif. Anda setidaknya akan dipecat satu kali dari pekerjaan anda atas apa yang anda posting di Facebook. Suatu waktu anda akan menyesal telah memasang foto tersebut dan menggantinya dengan
foto pernikahan atau foto anak.

Foto bayi
Arti dari foto profil seperti ini adalah anda tidak memiliki kepribadian sendiri. Anda mendefinisikan diri anda dan orang lain berdasarkan pilihan. Foto seperti ini menunjukkan bahwa anda ingin mengatakan kepada semua orang anda belum dewasa dan suka beselingkuh, atau anda menunjukkan sudah berkeluarga dan menjalani kehidupan bersama keluarga. Intinya anda sudah menikah, tidak mau lagi main-main.

Foto Artis Idola
Orang yang menggunakan foto artis idolanya sebagai foto profil biasanya menunjukkan karakter tidak percaya diri, cenderung menutupi kehidupannya, suka berfantasi dan bermimpi, tapi lebih suka memendam mimpi-mimpinya.

Foto Bertema Kegelapan
Di antara teman-teman media sosial Anda tentu ada beberapa yang suka menggunakan foto profil bertema kegelapan. Mereka inilah tipe orang yang sulit memahami keinginannya sendiri, dan cenderung suka melihat sesuatu yang berkaitan dengan penampilan. Bisa jadi mereka menunjukkan kehidupan suram mereka layaknya representasi dari foto profil yang mereka gunakan.

Foto Seksi
Orang yang menggunakan foto seksi dirinya sebagai foto profil adalah orang yang memiliki ketidak-pedean terhadap dirinya sendiri maupun hubungan cinta yang meraka miliki. Mereka berusaha menutupi kekurangannya dengan sesuatu yang lebih menonjol. Kadang mereka memiliki sifat kekanakan sehingga merasa kesulitan mengurus urusan percintaannya.

Bagaimana? seperti apakah foto profil anda dan teman-teman anda? dan apa arti dibalik foto profil tersebut?

Terima kasih telah membaca artikel kami, tinggalkan komen pada kolom dibawah ini

Click to comment