Bahaya Handphone di SPBU, Hujan & Pesawat Terbang

JANGAN MENGGUNAKAN HANDPHONE DI SPBU 

Sahabat Jhonny, beberapa kali saya sering melihat orang sms, bbm bahkan telepon di SPBU pada saat mereka antri bahkan ketika proses pengisian bensin, yang kadang kita ga habis pikir petugas SPBU tidak memberikan teguran atau peringatan.
Suatu kejadian yang paling membuat saya bener-bener ga habis pikir, saya pernah melihat sorang petugas SPBU duduk di dekat mesin pengisian sambil telpon dan kedua teman yang sedang mengisi tidak merasa ada masalah. Handphone dalam keadaan aktif bisa bereaksi dengan bensin, bagaimana itu bisa terjadi???
Pada dasarnya handphone dalam keadaan aktif  bisa  mengeluarkan bunga api meski sangat kecil, yaitu pada bagian antena koil dan LED. Pada ruangan terbuka memang tidak cukup untuk untuk bereaksi dengan uap bensin, namun lain cerita pada saat udara sudah cukup jenuh, udara jenuh dimana kondisi udara sudah tidak cukup untuk menampung uap air hal ini yang membuat percikan api pada handphone bisa bereaksi dengan bensin. Hampir sama dengan ketika gas elpiji kita bocor dan dapur kita penuh dengan gas elpiji, pada saat kita menyalakan lampu maka dapur kita akan meledak.
Atau kita bisa melakukan percobaan kecil.




Alumunium foil kita kucel-kucel

Kita tuang bensin
Aktifkan Handphone kita

Yang terjadi maka seperti pada gambar. Alumunium foil akan terbakar.

Percobaan ini tidak bisa jika kita lakukan di ruang terbuka.
atau silahkan lihat kedua video berikut biar lebih jelas.



Beberapa diantara kita menganggap bahwa bunga api handphone bisa bereaksi dengan uap bensin adalah berita yang berlebihan atau mengada-ada tapi apapun pilihan kita, lebih baik jika kita mentaati peraturan yang ada.
jika tips ini penting bagi anda silahkan bagikan teman teman anda.

MATIKAN HANDPHONE PADA SAAT HUJAN PETIR

Terima kasih telah membaca artikel kami, tinggalkan komen pada kolom dibawah ini

Click to comment